Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Hukum Menurut Frédéric Bastiat

Mendefinisikan Hukum

Mendefinisikan Hukum

Lalu, apa itu hukum? Ia adalah organisasi hak individu secara kolektif untuk membela diri secara sah. Masing-masing dari kita punya hak alamiah—dari Tuhan— untuk mempertahankan kedirian, kebebasan, dan hak milik kita. Ini adalah tiga syarat dasar kehidupan, dan pemeliharaan salah satu dari ini bergantung pada pemeliharaan atas dua yang lainnya.

Karena apa itu kemampuan-kemampuan kita kalau bukan perluasan dari individualitas kita? Dan apa pula hak milik itu jika bukan perluasan dari kemampuan-kemampuan kita?

Jika semua orang berhak mempertahankan—bahkan de- ngan menggunakan kekuatan—kediriannya, kebebasannya, dan hak miliknya, maka hal ini berarti bahwa sekelompok orang berhak untuk mengorganisasi dan mendukung kekuatan bersama untuk melindungi hak ini secara terus-menerus. Jadi prinsip hak kolektif—alasan ia ada dan sah—adalah berdasarkan pada hak individu.

Dan kekuatan bersama yang melindungi hak kolektif ini, secara logis, tidak bisa bertujuan atau bermisi apa pun selain tujuan atau misi dari sesuatu yang digantikannya.

Dengan demikian, karena adalah tidak sah bagi seorang individu untuk memaksakan kedirian, kebebasan, atau hak miliknya pada individu yang lain, maka kekuatan bersama itu pun—untuk alasan yang sama—tidak sah apabila digunakan untuk menghancurkan kedirian, kebebasan, atau hak milik individu atau kelompok.

Penyelewengan dari kekuatan itu, dalam kedua kasus di atas, akan bertentangan dengan premis kita. Kekuatan telah diberikan kepada kita untuk mempertahankan hak-hak indi- vidual kita.

Siapa yang berani mengatakan bahwa kekuatan diberikan kepada kita untuk menghancurkan hak-hak setara yang dimiliki saudara-saudara kita? Karena tidak ada individu, bertindak secara sendiri-sendiri, bisa secara sah menggunakan kekuatan untuk menghancurkan hak-hak orang lain, tidakkah hal ini secara logis berarti bahwa prinsip yang sama juga berlaku bagi kekuatan bersama yang tidak lain adalah gabungan yang terorganisasi dari semua kekuatan individu?

Jika ini benar, maka tak ada yang lebih jelas ketimbang ini: Hukum adalah organisasi hak alamiah pertahanan diri yang sah. Ia adalah suatu kekuatan bersama pengganti kekuatan- kekuatan individu.

Dan, sebagaimana hak individu yang ala- miah dan sah, kekuatan bersama ini seharusnya hanya boleh dipakai untuk melindungi kedirian, kebebasan, dan hak milik; untuk memelihara hak masing-masing individu, dan menjadikan keadilan berdaulat atas kita semua. 

Daftar Pustaka

Bastiat, Frédéric. 2010. Hukum: Rancangan Klasik untuk Membangun Masyarakat Merdeka. Jakarta: Freedom Institute, (hal. 2-3)

Posting Komentar untuk "Definisi Hukum Menurut Frédéric Bastiat"